Sabtu, 16 Januari 2016

MEDIA KOMPUTER

MEDIA KOMPUTER
D
I
S
U
S
U
N

OLEH :
Kelompok 5
Nama Anggota :
Mutia Saputri                          (1302090125)
Sitti Hajjar                              (1302090126)
Fabri Yastuti                                        (1302090115)
Mona Suci Oktaviana             (1302090123)

         Dosen                : Drs.Hambali M,Pd
              Prodi                             : FKIP PGSD
                                                 SEMT/UNIT     : V/D



 


                                   

UNIVERSITAS ALMUSLIM
BIREUEN
                                        

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Media Komputer dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita tentang karakteristik media komputer, kegunaan dan fungsi media komputer dan aplikasi media komputer dalam kegiatan pembelajaran . Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna.
 Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun. Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya makalah  yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya.
Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.


           Matangglumpangdua,   November  2015
    Penulis





DAFTAR ISI


Kata Pengantar                                                                                               i
Daftar Isi                                                                                                        ii

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG                                                                       1
1.2  RUMUSAN MASALAH                                                                   2
1.3  TUJUAN PENULISAN                                                                     2

BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Karakteristik Media Komputer                                                                          3                                                          
2.2  Fungsi dan Kegunaan Media Komputer                                                                         5

2.3  Aplikasi Media Komputer dalam pembelajaran                                                9

BAB III
PENUTUP
        3.1 KESIMPULAN                                                                                   12
        3.2.SARAN                                                                                               12

  DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang

Perkembangan teknologi yang sangat pesat sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Dengan berkembangnya teknologi ini mengakibatkan berkembangnya ilmu pengetahuan yang memiliki dampak positif maupun negatif. Perkembangan teknologi ini dimulai dari negara maju, sehingga Indonesia sebagai negara berkembang perlu mensejajarkan diri dengan negara-negara yang sudah maju tersebut.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangna dan tuntutan zaman. Guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien meskipun sederhana dan bersahaja tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan. Disamping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia,guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan membuat media pengajaran yang akan digunakan apabila media tersebut belum tersedia. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pengajaran.
Dari beberapa model pembelajaran, ada model pembelajaran yang menarik dan dapat memicu peningkatan penalaran siswa yaitu model pembelajaran berbasis komputer. Pada dasarnya, pembelajaran berbasis komputer adalah suatu sistem pengajaran yang cocok dengan otak yang menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan akademik dengan konteks teknologi.





1.2   Rumusan Masalah

1.     Apa saja karakteristik media komputer ?
2.     Apa saja fungsi dan kegunaan media komputer ?
3.     Bagaimana cara mengaplikasikan media komputer pada saat kegiatan pembelajaran ?

1.3   Tujuan Masalah

1.     Untuk mengetahui karakteristik media komputer
2.     Untuk mengetahui fungsi dan kegunaan media komputer
3.     Mengetahui cara mengaplikasikan media komputer pada saat kegiatan pembelajaran






BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Karakteristik Media Komputer
Media komputer adalah suatu medium interaktif, di mana siswa memiliki kesempatan untuk berinteraksi dalam bentuk mempengaruhi atau mengubah urutan yang disajikan. Sebagaimana halnya dengan penggunaan sumber-sumber audio visual yang dapat meningkatkan motivasi dan menyajikan informasi dan prakarsa melalui stimulus visual dan audio.
            Saat ini teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai sarana komputansi dan pengolahan kata (word processor), tetapi juga sebagai sarana belajar multimedia yang memungkinkan mahasiswa membuat desain dan rekayasa suatu konsep dan ilmu pengetahuan.
Multimedia berbasis komputer dapat pula dimanfaatkan sebagai sarana dalam melakukan simulasi untuk melatih keterampilan dan kompetensi tertentu. Contoh : tampilan multimedia dalam bentuk animasi yang memungkinkan mahasiswa pada jurusan estetika,fisika, biologi dan kimia dalam melakukan percobaan tanpa harus berada dilaboratorium
Perkembangan teknologi komputer saat ini telah membentuk suatu jaringan (network) yang dapat memberi kemungkinan bagi siswa untuk berinteraksi dengan sumber belajar secara luas.
Adapun Karakteristik media komputer antara lain :
a.Dapat digunakan secara acak, non-sekuensial atau secara linear
b.Dapat digunakan sesuai keinginan siswa atau perancang
c.gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan simbol dan grafik
d.Prinsip-prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media ini
e.Berorientasi pada siswa dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi



2.2  Fungsi dan Kegunaan Media Komputer
Adapun fungsi media komputer dalam pembelajaran di antaranya sebagai alat untuk memperjelas pesan yang disampaikan oleh guru. Serta untuk pembelajaran individual,dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa (pola bermedia)
Sedangkan bentuk penggunaan Media Komputer dalam pembelajaran meliputi beberapa hal berikut :
a.      Penggunaan Multimedia Presentasi
Multimedia Presentasi digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoritis,digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan grup belajar yang cukup banyak. Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia proyektor yang memiliki jangkauan pancar cukup besar. Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi,image, grafik dan sound menjadi satu kesatuan penyajian sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa.
b.     Multimedia Interaktif
Multimedia interaktif dapat digunakan pada pembelajaran disekolah, sebab cukup efektif karena meningkatkan hasil belajar siswa terutama komputer. Selain itu juga bersifat multimedia yang mempunyai unsur-unsur lengkap meliputi : sound, animasi,video,teks,dan grafis.
c.      Video Pembelajaran
Selain CD interaktif video termasuk media yang dapat digunakan untuk pembelajaran di SD . Video ini bersifat interaktif-interaktif yakni membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Siswa juga secara interaktif mengikuti kegiatan praktik sesuai yang diajarkan dalam video .
 Penggunaan CD Interaktif di SD cocok untuk mengajarkan suatu proses, misalnya cara penyerbukan pada tumbuhan, teknik okulasi,pembelahan sel,proses respirasi dan lain-lain.
2.3  Aplikasi Penggunaan Media Komputer Dalam Kegiatan Pembelajaran

Aplikasi komputer dalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual(individual learning). Pemakaian komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi. Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internet) saat ini telah memungkinkan pemakaiannya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan.
Berbagai bentuk interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium komputer. Beberapa lembaga pendidikan jarak jauh disejumlah negara yang telah maju memanfaatkan medium ini sebagai sarana interaksi. Pemanfaatan ini didasarkan pada kemampuan yang dimiliki oleh komputer dalam memberikan umpan balik (feedback) yang segera kepada pemakainya. Contoh penggunaan internet ini adalah digunakan oleh Universitas terbuka dalam penyelenggaraan Universitas Terbuka Jarak Jauh disamping mahasiswa mendapat modul untuk proses belajar mengajar dia juga dapat mengakses informasi melalui internet. Kuliah lewat Internet oleh IBU teledukasi.com.
Penggunaan Media Komputer dalam kegiatan pembelajaran yaitu :
a.      Untuk Tujuan Kognitif
Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan.
b.     Untuk Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya.

c.      Untuk Tujuan Afektif
Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan klip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.



















BAB III
PENUTUP

3.1   Simpulan
            Media komputer adalah suatu medium interaktif, di mana siswa memiliki kesempatan untuk berinteraksi dalam bentuk mempengaruhi atau mengubah urutan yang disajikan. Sebagaimana halnya dengan penggunaan sumber-sumber audio visual yang dapat meningkatkan motivasi dan menyajikan informasi dan prakarsa melalui stimulus visual dan audio.
Adapun karakteristik media komputer yaitu :Dapat digunakan secara acak, non-sekuensial atau secara linear,Dapat digunakan sesuai keinginan siswa atau perancang, gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan simbol dan grafik,Prinsip-prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media ini,Berorientasi pada siswa dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi.
Fungsi media komputer sebagai alat untuk memperjelas pesan yang disampaikan oleh guru,serta untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa. Sedangkan Kegunaan Media komputer meliputi : Penggunaan Media Presentasi, Multimedia Interaktif dan Video pembelajaran. 
Aplikasi komputer dalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual(individual learning). Pemakaian komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi. Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internet) saat ini telah memungkinkan pemakaiannya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan.
3.2    Saran
Demikian makalah yang kami buat, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Apabila ada saran dan kritik yang ingin di sampaikan, silahkan sampaikan kepada kami.
Apabila ada terdapat kesalahan mohon dapat mema'afkan dan memakluminya, karena kami adalah hamba Allah yang tak luput dari salah khilaf  dan lupa.
                                        
                                        
                                         DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar